Dealer Isuzu Giga Panther Elf Bison D-max tlp. 0812 8146 1616

Dealer Isuzu Giga Panther Elf Bison D-max tlp. 0812 8146 1616

Isuzu Panther Hemat Bahan Bakar


Isuzu Panther pada mulanya dikembangkan di Jepang dan khusus diproduksi untuk dipasarkan di kawasan Asia. Maka kendaraan keluarga bermesin diesel ini pun diberi kode Asian Utility Vehicle (AUV). Selain diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, kendaraan serba guna ini juga diproduksi di Filipina yang dikenal dengan sebutan lsuzu Crosswind, di Vietnam disebut lsuzu Hi-Lander, dan di India dikenal sebagai Chevrolet Tavern.

Kemampuan Isuzu dalam memproduksi mesin diesel memang tidak perlu diragukan lagi. Selain dicangkokkan pada Isuzu, mesin-mesin diesel keluaran Isuzu juga banyak digunakan oleh produsen mobil lain, semisal holden Gemini, Chevrolet Trooper, Chevrolet Luv, dan masih banyak lagi. Memang, Isuzu sendiri lebih dikenal sebagai pabrik mesin diesel ketimbang mobil diesel. Mesin-mesin diesel keluarannya bukan saja digunakan sebagai mesin penggerak kendaraan, tetapi juga dipergunakan sebagai mesin-mesin industri di banyak pabrik.

Isuzu sendiri jarang memproduksi mobil keluarga karena concern dengan memproduksi mesin diesel yang biasanya dipergunakan oleh kendaraan-kendaraan berat.

Di Indonesia, Isuzu Panther merupakan mobil keluarga pertama yang secara khusus diproduksi oleh Isuzu. Sebelumnya Isuzu hanya memproduksi dan memasarkan truk ringan, yang sebagian juga dimodifikasi sebagai mobil angkutan penumpang jenis microbus.

Isuzu Panther hadir untuk meramaikan pasar mobil keluarga dengan kapasitas lebih dari lima penumpang, yang sebelumnya di dominasi Toyota Kijang. Kehadiran mobil ini pada pasar otomotif, menjadikan masyarakat semakin punya alternatif pilihan. Terlebih karena mobil ini memiliki keunggulan kompetitif, yakni hemat bahan bakar.


Isuzu Panther Hemat Bahan Bakar

Masih ingat dengan iklan Isuzu Panther di layar kaca pada awal-awal tahun 1991 Januari? Benar, iklan dengan bapak-bapak yang berbicara dalam aksen bahasa bali yang memberikan testimony tentang keiritan bahan bakar yang di konsumsi Isuzi Panther. “Untuk perjalanan Jakarta-Bali, hanya habis empat puluh empat ribu rupiah!, ucap Bapak tadi dengan mantap.

Konsumen Indonesia yang di bidik oleh Isuzu Panther memang lapisan masyarakat yang sensitif dengan ke-ekonomisan operasional sebuah mobil. Sebenarnya, selain lsuzu Panther. Daihatsu juga sudah mengeluarkan kendaraan keluarga bermesin diesel yang merupakan pengembangan dari Daihatsu Taft yang berjenis jip.

Daihatsu meluncurkan Taft GTL lima pintu yang bersasis panjang dan Taft Rocky yang berpintu tiga. Namun, karena harganya mobil produksi daihatsu terpaut jauh dari mobil isuzu panther, maka masyarakat lebih tertarik untuk membelinya.

Selain Daihatsu, Chevrolet sudah lebih dulu menghadirkan Luv dan Trooper yang juga mengusung mesin diesel buatan Isuzu. Namun, produksi kendaraan diesel yang dilansir Chevrolet ini di hentikan produksinya pada awal-awal tahun 1990-an. Alhasil, Isuzu melenggang sendiri nyaris tanpa competitor, hingga akhirnya Mitsubishi meluncurkan Kuda diesel.

Mesin diesel memang dikenal irit dalam pemakaian bahan bakar, maka tidak mengherankan untuk kendaraan yang memiliki kapasitas CC besar selalu menggunakan mesin ini. Pada waktu itu, pengguna mesin diesel juga diuntungkan oleh kebijakan pemerintah yang menjual solar dengan harga yang lebih rendah dari pada premium.


Varian Isuzu Panther

Isuzu Panther generasi pertama (1991 - 1996) menggunakan mesin diesel 2300 cc indirect injection dengan kode mesin C 223. Selanjutnya, dipasarkan oleh prinsipal dalam empat versi, versi termewah adalah Hi Grade, berikutnya Royal, Total Assy (deluxe). dan yang termurah adalah versi standard.

Selain ke-empat varian tersebut, ada banyak perusahaan karoseri yang memproduksi Isuzu Panther dalam berbagai model, di antaranya Isuzu Panter Samurai dan Miyabi, yang nyaris menyerupai jip Pajero.

Generasi kedua (1996 - 2000), ada perubahan signifikan pada dapur pacu, di mana kapasitas mesinnya mulai di tingkatkan, dan 2.300 cc menjadi 2.500 cc. Mesin dengan kode 4ja1 ini sudah menggunakan teknologi direct injection. yang membuat pembakaran lebih sempurna, hingga akselerasi jadi lebih baik
dan pemakaian bahan bakar bisa lebih irit.

Dengan mengusung mesin baru ini, tenaganya juga semakin meningkat hingga 86 HP pada putaran mesin 3.900 rpm. Generasi kedua ini memiliki versi yang lebih banyak. Versi termewah adalah New Hi Grade, selanjutnya Hi Grade, Hi Sporty New Royal, Grand Royal, Royal, Deluxe, dan Standard.

Tahun-tahun ini adalah tahun kejayaannya, sekalipun pasar otomotif mulai dimasuki oleh Mitsubishi Kuda diesel dan Toyota Kijang kapsul diesel.

Generasi ketiga. New Panther (2000 - 2004), masih menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.500 cc dengan kode 4ja1 yang berteknologi direct injection, performa mesinnya masih sama dengan mobil ini generasi kedua.

Desain juga sudah mulai berubah, bukan lagi kotak tetapi sudah mulai agak membulat dan aerodinamis, mengikuti jejak saudaranya Toyota Kijang kapsul. Generasi ketiga ini dipasarkan dalam berbagai versi, mulai dari versi termewah Grand Touring, Touring, LS, SS, LV, SV, LM, dan SM.

Generasi keempat (2004), nyaris tidak ada perbedaan signifikan dengan generasi ketiga. Semuanya hampir sama. Namun demikian, untuk mempercantik penampilannya, Isuzu tetap melakukan penyempurnaan pada desain lampu, grill, serta interior.

Selain itu, juga mengeluarkan versi Touring Turbo (LS) guna memenuhi standar EURO. Versi lengkap dari generasi ke-empat ini adalah Grand Touring, Touring, LS Turbo, LV, LV FF, Smart, dan Smart FF.

Promo Isuzu

Promo Isuzu
Automobile Blogs
Automobile blogs